TERBARU.......

Rabu, 18 April 2012

PEMBATASAN BBM MOBIL PRIBADI MULAI JULI





Rencana pembatasan konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) subsidi oleh mobil pribadi terus bergulir. Kini, pemerintah sudah memiliki jadwal yang lebih jelas kapan pembatasan tersebut akan dijalankan. Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Evita H. Legowo mengatakan, khusus untuk mobil dinas pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pembatasan akan berlaku mulai Mei 2012, sedangkan untuk mobil pribadi baru akan diterapkan pada Juli 2012. “Untuk masyarakat umum (pemilik mobil pribadi, Red) akan dikasih waktu 60 hari (sejak berlaku Mei),” ujarnya kemarin (16/4).
Untuk cakupan wilayah pemberlakuan, pemerintah yang sebelumnya masih menimbang dua opsi, yakni Jabodetabek dahulu atau langsung se-Jawa Bali, kini sudah memutuskan untuk memulai program pembatasan konsumsi BBM subsidi di Jabodetabek terlebih dahulu. Jika lancer, baru akan diperluas ke seluruh Jawa Bali. “Setelah itu, mungkin ke daerah-daerah (luar Jawa Bali) yang sudah ada Pertamax-nya,” katanya.
Namun, terkait jenis mobil apa saja yang akan dilarang mengonsumsi BBM subsidi jenis Premium, pemerintah hingga kini belum mengambil keputusan. Beberapa opsi yang muncul adalah pembatasan untuk mobil pribadi dengan kapasitas mesin 1.300 cc ke atas, atau 1.500 cc ke atas, atau 2.000 cc ke atas. “Itu masih dibahas,” ucapnya.
Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Andy Noorsaman Sommeng menambahkan, sebagai institusi yang mengawasi distribusi BBM subsidi, BPH Migas kini tengah mengintensifkan pembahasan skema pengawasan dengan Kementerian ESDM. Menurut Andy, pemerintah menyiapkan skema pengawasan dengan dua infrastruktur, yakni IT (information technology) dan non IT. “Untuk IT, nanti dengan sticker yang dilengkapi semacam barcode. Sedangkan untuk non IT, nanti menggunakan layout SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum), misalnya dengan memisahkan BBM subsidi dan nonsubsidi,” ujarnya.(owi/jpnn)


Sumber Info (Kecuali Gambar) : Radartarakan.co.id - Selasa, 17 April 2012



BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS