TERBARU.......

Rabu, 27 Juli 2011

TDL NAIK, PLN TETAP MENGAKU RUGI




Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) yang sudah disahkan dalam Peraturan Daerah No. 01 tahun 2010 ternyata belum bisa membuat kerugian PLN berkurang. Pasalnya baru setahun lebih dilaksanakan, hingga saat ini pemadaman masih saja terus terjadi, dan PLN juga masih berteriak mengalami kerugian.
Wakil Ketua DPRD Tarakan Yusuf Ramlan mengatakan pada saat pembahasan Perda kenaikan TDL awal 2010 lalu, PLN sudah berjanji dengan menaikkan TDL masalah keuangan PLN akan teratasi. “Katanya PLN akan bisa mempersiapkan anggarannya untuk beberapa tahun kedepan. PLN juga berjanji tidak ada kerugian lagi yang akan mengakibatkan adanya pemadaman bergilir,”ujarnya.
Tetapi kenyataanya, PLN masih saja mengatakan mengalami kerugian padahal pelaksanaan kenaikan TDL baru berjalan.
Sementara itu, Walikota Tarakan Udin Hianggio mengatakan keluhan masyarakat tentang adanya pemadaman hingga PLN mengaku terus mengalami kerugian meskipun sudah menaikkan TDL dikarenakan pasokan gas yang kurang.
“PLN mengeluhkan kepada Pemkot bahwa pasokan gas dari Medco untuk mesin pembangkit PLN tidak sesuai dengan kebutuhan PLN. Jadi mesin pembangkitnya tidak dapat memproduksi listrik dengan maksimal karena ketersediaan gas yang kurang tersebut,”ujarnya.
Menurutnya, karena pasokan gas yang berkurang ini lah kemudian PLN kembali menggunakan mesin pembangkit listrik tenaga solar. Sementara biaya yang dikeluarkan untuk solar lebih besar dari gas.
“PLN jadi bergantung dari solar, itu lah kenapa biayanya masih tinggi dan membuat PLN terus mengalami kerugian. Padahal kalau bisa mendapatkan pasokan gas yang cukup, PLN sudah bisa menghemat anggaran,”imbuhnya.
Solusinya, saat ini Pemkot sedang menjajaki pertemuan antara PLN, Medco dan Provident selaku penyalur gas lain selain Medco untuk melanjutkan kerja sama pasokan gas ke PLN.
“Pemkot siap memfasilitasi pertemuan antara PLN, Medco dan Provident. Jadi kalau memang Medco tidak menyanggupi untuk memenuhi kebutuhan gas ke PLN, Pemkot bisa mengupayakan Provident yang memenuhi pasokan gas ke PLN,”katanya.(saf)

Sumber Info (Kecuali Gambar Ilustrasi) :
KORANKALTIM.CO.ID - RABU, 27 JULI 2011

BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS