TERBARU.......

Kamis, 29 Desember 2011

7 HARI KEDEPAN GELOMBANG LAUT TINGGI



Malam Tahun Baru Diprediksi Hujan

#Tarakan - 

Nelayan serta pengguna moda transportasi laut di perairan utara Kaltim wajib waspada. Pasalnya hingga 7 hari kedepan, diperkirakan gelombang laut masih tinggi. Diperkirakan gelombang laut di perairan utara Kaltim mencapai 2 meter atau lebih. “Gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi hingga 7 hari ke depan. Khususnya di perairan Laut Sulawesi, Tarakan , Nunukan, Tanjung Selor dan Tanjung Redep. Informasi ini diperoleh dari BMKG pusat,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Juwata Tarakan, Sutadi Rahardjo.
Menurut Sutadi, hal ini disebabkan arus gelombang besar di samudera Pasific. “Di Pasific gelombang mencapai 4 meter. Jadi bukan hanya di sekitar Tarakan saja yang gelombang besar, tapi di seluruh perairan  Indonesia juga mengalami gelombang besar,” katanya. Sutadi menjelaskan, sejatinya sejak awal Desember hampir seluruh perairan di Indonesia mengalami tinggi gelombang diatas 2 meter. Itu disebabkan karena hampir seluruh wilayah di Indonesia musim hujan dan kecenderungan arah angin yang bergerak dari arah barat laut.
Sedangkan curah hujan, khususnya di wilayah Tarakan diperkiarakan masih terus terjadi dibeberapa hari kedepan. Hujan akan datang pada dini hari hingga pagi hari. Bahkan malam Tahun Baru 2012, diperkirakan terjadi hujan. “Kemungkinan akan akan hujan sampai pagi, tapi hanya gerimis saja,” prediksi dia.
Lanjut Sutadi, masih tingginya curah hujan di hampir seluruh wulayah di Indonesia termasuk di Tarakan, disebabkan  karena suhu udara di laut Pasifik masih hangat yakni sekitar 26 hingga 28 derajat Celcius. Dengan suhu seperti itu akan sering terjadi penguapan pada air laut. Sehingga masih sangat berpotensi terjadinya hujan. “Di Tarakan kondisi cuaca saat ini masih normal, dan belum berpengaruh dengan penerbangan. Akan tetapi golombang tinggi yang terjadi perairan, cukup berbahaya bagi transportasi laut,” tukasnya. (*/yan)


Sumber Info (Kecuali Gambar Ilustrasi) : Radartarakan.co.id - Jumat, 30 Desember 2011

BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS