TERBARU.......

Rabu, 14 Maret 2012

BBM NAIK, ANGKUTAN UMUM BEBAS BAYAR PAJAK KENDARAAN




Pemerintah mengucurkan dana Rp 5 triliun untuk kompensasi ke angkutan umum terkait kenaikan harga BBM subsidi yang rencananya akan dilakukan April. Salah satunya pembebasan pajak kendaraan bermotor.
Demikian disampaikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (14/3/2012).
"Yang Rp 5 triliun ini sedang dibicarakan tapi nanti finalisasinya kan di DPR," kata Armida.
Armida menuturkan bentuk kompensasi kepad aangkutan umum yang diberikan pemerintah berupa pembebasan pajak kendaraan bermotor (PKB) selama 1 tahun, subsidi bunga kredit untuk angkutan umum, dan penambahan subsidi untuk angkutan penumpang dan barang yang dikhususkan untuk kelas ekonomi.
"(Kompensasi itu) ada yang misalnya pembebasan PKB 1 tahun, kemudian ada yang subsidi bunga kredit untuk peremajaan angkutan umum, ada juga yang menambah jumlah subsidi untuk angkutan penumpang dan barang tapi yang kelas ekonomi," ungkap Armida.

Selain itu, Armida menjelaskan pemerintah juga membahas tentang sosialisasi konversi Bahan Bakar Minyak ke Bahan Bakar Gas melalui pembangunan SPBG dan pembagian converter kit secara gratis khusus untuk angkutan umum. 
Pemerintah juga membentuk tim terdiri dari beberapa kementerian diantaranya Kementerian Perindustrian, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM yang secara teknis diketuai oleh Sekertaris Menteri Koordinasi bidang Perekonomian.
"Ketua pengarahnya Pak Menko Kesra lalu ada beberapa menteri termasuk saya dan ketua teknisnya Sesmenko, ada sekitar 6 tim dari ESDM yang paling bnyak, kemudian perindustrian, perhubungan," jelas Armida.
Konversi BBG ini paling diutamakan untuk angkutan umum. Menurut Armida, Kendaraan umum itu lebih membutuhkan BBG karena jumlah mereka banyak serta mobilitasnya yang sangat tinggi. Selain itu Armida menambahkan ini untuk menekan kecenderungan penaikkan tarif angkutan umum karena harga BBG yang relatif lebih murah dibanding BBM.
"Tahap awal angktan umum, kenapa? Karena angkutan umum itu ada trayek, jadi SPBG di lokasi tertentu atau deket pool-lah. Karena dia trayek kan. Itu satu, jadi SPBG disiapkan converter kit juga disiapkan, BBG kan lebih murah, dengan demikian mereka juga berkurang tekanan harus naikin tarif," tukas Armida. (zul/dnl)  

Sumber Info (Kecuali Gambar) : Detik.comRabu, 14/03/2012





BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS