TERBARU.......

Sabtu, 27 Oktober 2012

Tak Dapat Tenda Kemah, 30 Jamaah Haji Tarakan Terlantar



#Tarakan - Sebanyak 30 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) VI termasuk Tarakan, tidak mendapatkan lokasi tenda kemah di Mina saat hendak melaksanakan lontar jumrah. Tetapi, khusus jamaah Tarakan sampai saat ini melalui Kementerian Agama Kota Tarakan tidak  mengetahui jumlah secara rinci jamaah asal Tarakan yang terlantar selama 2 hari tersebut.

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Ibadah Haji pada Kementerian Agama Kota Tarakan H S Hermansyah menjelaskan bahwa penyebab jamaah terlantar tersebut sampai saat ini belum diketahui. Akan tetapi, H Hermansyah menyakinkan bahwa prosesi pelaksanaan rukun haji tiap jamaah berjalan lancar. “Hal tersebut, tak mengganggu jalannya ibadah haji, semua lancar,” tutur H Hermasnyah.

Di Mina, seluruh jamaah mendirikan kemah atau tenda sebagai basecamp pemondokan selama 2 hari untuk melakukan lontar jumrah di aqabah, ula, dan wusto sebelum keesokan harinya kembali menuju Mekkah untuk melakukan Thawaf Ifadhah dan Sai pada hari ini (28/10). Thawaf Ifadhah adalah tawaf yang menjadi rukun haji dan dilakukan bagi mereka yang telah pulang dari Wukuf di Arafah. Juga dinamakan bagi tawaf rukun umrah. “Informasi yang kami terima kemarin (27/10) sekira pukul 09.00 Wita, rombongan menuju Mekkah untuk Thawaf Ifadhah,” ungkap H Hermansyah kepada Radar Tarakan kemarin.

Sementara itu, jarak Mina menuju Mekkah yang memiliki panjang 2 hingga 3 kilometer tersebut, dilalui jamaah dengan menggunakan 7 bus berkapasitas 50 penumpang. “Seluruh jamaah menggunakan bus, walau ada jamaah berjalan kaki,” kata H S Hermansyah.

Terkait kondisi kesehatan jamaah, dijelaskan oleh H S Hermansyah, bahwa total jamaah asal Tarakan yang berjumlah 142 orang tersebut semua dalam kondisi sehat dan mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji. “Walau cuaca sangat panas, sampai saat ini semua baik-baik saja, termasuk haji lansia atau yang tertua,” ujarnya. Untuk diketahui, dari total jamaah asal Tarakan tersebut, sebanyak 24 orang masuk dalam kategori lanjut usia, yakni mereka yang berusia diatas 60 tahun. Sementara yang berusia 50 sampai 60 tahun sebanyak 20 orang. Sedangkan, dominasi haji tahun ini diisi oleh usia dibawah 50 tahun dengan 79 orang.(*/asm/ndy/fuz/jpnn)


Sumber Info (Kecuali Gambar) : Jpnn.com - Minggu, 28 Oktober 2012



BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS