TERBARU.......

Rabu, 16 Maret 2011

DPRD TARAKAN DUKUNG RENCANA PEMBANGUNAN PLTU



Anggota Komisi II DPRD Kota Tarakan Syamsudin Arfah menyambut baik wacana Pemkot Tarakan membangun Pembangkit Listrik  Tenaga Uap (PLTU) dalam waktu dekat. Pasalnya, program Pemkot dan PLN Tarakan untuk jangka panjang ini memang sudah merupakan salah satu komitmen Walikota Tarakan.  ”Ini ‘kan memang merupakan program jangka panjang dalam rangka menyediakan stok listrik, dan pelayanan masyarakat. Jadi menjadi hal yang sangat penting dan mendasar untuk segera di realisasikan selain merupakan janji dari Walikota di dalam item 10 komitmen sebelum menjabat dulu,” ujarnya.
            Hanya saja, Pemkot seharusnya menurut Syamsudin melakukan hearing terlebih dahulu dengan DPRD sebelum menunjuk investor atau melakukan kerja sama dengan PLN Tarakan. “Seperti dampak Amdalnya, segi keamanan dan pertimbangan lokasinya harus dipaparkan kepada DPRD dulu. Agar masyarakat tidak malah merasa dirugikan dengan pembangunan PLTU ini,”imbuhnya.
            Pasalnya, selain pembangunan PLTU ini merupakan program jangka panjang yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kota Tarakan, dimana pada masa mendatang, peran serta investor juga harus disertakan.
            “Bukan kita sangsi dengan peran pemerintah, tetapi peran investor dalam pembangunan Kota Tarakan saya rasa sangat kurang. Padahal peran investor ini juga harus difungsikan” kata Syamsudin lagi.
            Saat ini, peran investor diakui Syamsudin lagi seharusnya dijadikan salah satu fasilitas pembangunan Kota Tarakan. Sehingga tidak hanya melalui APBD saja semua pembangunan dibiayai, memanfaatkan peran investor juga bisa membantu beban daerah.
“Jadi tidak semua dibiayai APBD, di sektor swasta ini Investor malah hanya di pembangunan fisik dan Rekanan-rekanan saja. sedangkan keterlibatan sektor swasta itu sangat penting”pungkasnya.
Pemkot sebaiknya hanya menjadi  fasiltator dan pelayanan saja, sehingga sektor swasta juga menjadi sangat penting untuk pembangunan. “Tetapi persamaan untuk membentuk satu persepsi juga penting, mengenai masalah Investor dan PLTU ini seharusnya dibahas saat kita duduk bersama PLN, Pemkot dan calon investor. Jadi semua kemungkinan buruk yang akan terjadi nanti sudah kita perkirakan sebelumnya,” ujarnya. (saf)

SUMBER INFO (kecuali gambar) :
KORANKALTIM.CO.ID - KAMIS, 10 MARET 2011

BERBAGI INFO :

JANGAN LUPA !!!! SISIPKAN KOMENTAR ANDA TENTANG ARTIKEL INFO DIATAS,
TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS