TERBARU.......

Jumat, 16 September 2011

PEMINATNYA BANYAK DARI LUAR TARAKAN




Sepeda Fixie dan Polygon Banyak Diminati

#Tarakan - 

Masyarakat Indonesia bukanlah masyarakat yang asing dengan sepeda. Sejak zaman penjajahan, sepeda merupakan alat transportasi utama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia kala itu.

Namun, kini sepeda bukan lagi berfungsi untuk kebutuhan utama sebagai alat transportasi melainkan sebagian orang lebih cenderung hanya untuk gaya hidup masa kini.
Jenisnya pun berubah-ubah disetiap zaman. Dahulu, kita mungkin kenal dengan jenis sepeda Onthel atau sepeda kumbang.

Seiring dengan itu kehadiran sepeda berbagai macam merek pun kian menjamur diperjualbelikan. Tak terkecuali di Kota Tarakan yang banyak ditemui disejumlah toko.  Salah satunya di toko yang menjual sepeda itu terletak di bilangan Jalan Yos Sudarso tepatnya persis di depan Polres Tarakan.

Nina penjaga toko menuturkan, sejak awal tahun 2011 ini terutama selama dua bulan terakhir penjualan sepeda dari berbagai merek terus menjadi incaran warga Tarakan.  Jumlah yang terjual pun mengalami peningkatan. “Sehari bisa laku sebanyak tujuh sampai sepuluh unit, bahkan pernah sampai 15 dan 20 unit,” kata dia kepada Radar Tarakan, kemarin (15/9). Selain masyarakat umum, para pembelinya juga kebanyakan pegawai negeri sipil dan polisi.

Jika dibandingkan tahun lalu atau beberapa tahun lalu penjualan sepeda dalam sehari hanya bisa terjual paling banyak dua unit. Hal itu juga disebabkan minat orang memiliki sepeda masih minim dengan yang terjadi saat ini. “Apalagi mau ada lomba, warga yang berkunjung untuk membeli sepeda semakin banyak,” katanya.

Tak hanya sepeda, lanjut dia, sepekan terakhir ini penjualan aksesoris sepeda atau perlengkapan sepeda yang ada dijual ditoko tersebut juga banyak diburu warga Tarakan khususnya yang hendak ikut lomba balap sepeda pada 18 September mendatang di Tarakan.

Jenis sepeda yang dijual bermacam-macam. Yakni polygon, wim cycle, b-sprin, paragon dan fixie. “Hargannya bervariasi atau tergantung mereknya. Tapi paling banyak orang beli sepeda fixie dan polygon. Sehari bisa sampai 10 unit untuk fixie dan polygon,” kata Nina.

Untuk sepeda Fixie yang kini banyak disukai oleh kaum muda ini dilepas dengan harga diatas satu jutaan. “Sepeda Fixie ada empat macam, untuk fixie CG harganya Rp 3 juta, fixie cosmic torpedo Rp 1,8 juta, fixie gervin cycle torpedo yang pelangnya hanya 5 centimeter seharga Rp 1,5 juta dan fixie gervin cycle torpedo dengan pelang sepanjang 3 cm dijual seharga Rp 1,4 juta,” sebut Nina. Sementara untuk sepeda Polygon Axion dijual seharga Rp 5 juta, Wim Cycle Hot Rod 10 seharga Rp 3 juta.

Selain sepeda orang dewasa, penjualan sepeda anak-anak juga mengalami peningkatan. “Sepeda anak-anak lumayan juga. Harganya rata-rata Rp 500 ribu, yang paling mahal Rp 1 jutaan,” katanya.

Secara terpisah hal serupa juga terjadi di toko penjualan sepeda lainnya yang terletak di sekitar pasar Beringin. “Kalau dibilang ramai sih tidak juga, biasa-biasanya saja sehari kurang lebih 5 unit yang laku,” kata Yayuk penjaga toko kepada wartawan koran ini.

Menurutnya penjual sepeda yang kini banyak disukai oleh kaum muda ini adalah fixie. Alasannya bentuk dari sepeda itu banyak yang menarik hati para kawula muda. Berawal dari ketertarikan terhadap bentuk, kata dia, sepeda fixie akhirnya kembali menjadi sarana yang dirasa menyenangkan.

Seperti halnya sepeda motor dan barang-barang lainnya dan lantaran harganya yang relatif tinggi sepeda juga bias dibeli secara kredit atau angsur. “Harga cash dan kredit sama saja tidak ada yang berbeda harga asal mereka tepat waktu,” ungkap Yayuk.  Pembeli sepeda, lanjut dia, tak hanya berasal dari warga Tarakan melainkan juga dating dari luar Tarakan seperti warga Kabupaten Bulungan, Malinau, dan KTT. (sur)


Sumber Info (Kecuali Gambar) :
Radartarakan.co.idJumat, 16 September 2011



BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS