TERBARU.......

Minggu, 11 September 2011

SIDANG PARIPURNA APBD PERUBAHAN 2011









#Tarakan - 


Sidang paripurna APBD Perubahan 2011 kemarin (08/09) digelar di ruang rapat DPRD Tarakan. Pemkot Tarakan diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Drs. Badrun, M.Si dan anggota DPRD Tarakan beserta Ketua DPRD Tarakan Effendy Djuprianto.
Sidang dengan agenda mendengarkan tanggapan Fraksi terhadap KUA PPAS Pemkot Tarakan ini, hampir semua catatan Fraksi terhadap KUA PPAS menyoroti penurunan Pendapatan Asli Daerah (PAD) meskipun keenam Fraksi yang ada di DPRD Tarakan menyetujui pembahasan APBD Perubahan 2011 dilanjutkan.
“Semua fraksi memberikan persetujuan APBD Perubahan 2011 dibahas lebih lanjut dengan beberapa catatan dan pertanyaan kepada Pemerintah. Dan kami harapkan besok (hari ini.red) Pemerintah sudah memberikan tanggapannya,”ujar Ketua DPRD Tarakan Effendy Djuprianto.
Diakui Effendy, pertanyaan seputar alasan penurunan PAD dan penerimaan anggaran perimbangan sebesar Rp. 200 miliar menjadi perhatiannya. Pasalnya Pemkot belum menjelaskan secara rinci alasan dan factor penyebab penurunan PAD.
“Saya harapkan catatan yang berkaitan dengan penurunan PAD dan faktor penyebabnya bisa dijawab dengan jelas. Lalu asal penerimaan anggaran perimbangan kurang lebih sebesar Rp. 200 miliar juga dijelaskan lebih lanjut darimana asalnya,”lanjutnya.
Menurutnya factor penyebab penurunan PAD ini perlu dibahas lebih lanjut, untuk menghindari adanya pengaruh terhadap perekonomian masyarakat.
“Sama saja dengan anggaran perimbangan Rp. 200 miliar juga kita pertanyakan agar pelaksanaan penyerapan anggaran dilaksanakan secara konsekuen. Dan di upayakan memang untuk meningkatkan perekonomian daerah yang Multi Player Efecknya adalah  untuk peningkatan PAD dan perekonomian masyarakat,”ungkapnya.
Jadi, dikatakan Effendy peningkatan PAD dan perekonomian masyarakat ini bisa mengurangi ketergantungan Tarakan terhadap anggaran dari pusat, seperti belanja tidak langsung dan belanja pegawai.
“Termasuk semua prioritas pembangunan, memang kita masih mengharapkan anggaran dari pusat seperti pelaksanaan proyek multiyears. Tetapi semua pembangunan, tujuannya untuk masyarakat juga yaitu untuk peningkatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,”imbuhnya.
Lalu, diterangkan Effendy, fraksi juga menyoroti tahapan pembangunan dari Pemkot Tarakan mengenai rancangan pembangunan yang sudah di tetapkan dan sedang dalam wacana, agar rancangan pembangunan ini mendapatkan dukungan dari Provinsi dan Pusat.
“Dengan adanya tahapan yang jelas, pasti Tarakan akan mendapatkan dukungan dari Provinsi dan Pusat untuk pemberdayaan percepatan pembangunan. Jadi kita harapkan jawaban dari Pemkot seperti pembahasan dan transparansi dalam penggunaan APBD Perubahan termasuk persoalan yang akan dihadapi nanti sebelum dilakukan kebijakan bisa dijelaskan,”tegasnya.
Pemerataan pembangunan juga diminta Effendy menjadi perhatian Pemkot dalam penyerapan anggaran. “Seperti sarana prasarana di daerah pesisir Tarakan Timur, mudah-mudahan untuk jalan lingkar agar penyebaran pembangunan lebih merata bisa selesai tahun ini, tetapi memang hal ini butuh kerja sama semua pihak termasuk SKPD dibawahnya,”ujarnya. (saf)
Sumber Info :
KORANKALTIM.CO.ID - JUM'AT, 09 SEPTEMBER 2011


BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS