TERBARU.......

Minggu, 11 Desember 2011

AWAS, MAMIN DAN KOSMETIK MENGANDUNG MERKURI

#Tarakan - 

SELAIN terkait dengan legalitas produknya, razia terhadap barang-barang Malaysia, yaitu berupa makanan dan minuman (Mamin) maupun kosmetik yang dilakukan oleh Balai Besar POM Samarinda bersama tim gabungan lainnya di wilayah utara Kaltim sejak beberapa hari ini, juga kaitannya dengan antipasi adanya kandungan bahan berbahaya pada produk Mamin maupun kosmetik tersebut.
Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar POM Samarinda, Justina mengingatkan seluruh warga untuk lebih hati-hati dalam membeli produk, baik makanan dan minuman agar tidak membahayakan kesehatan pribadi.
Salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan, kata dia, adalah bahan-bahan yang terkandung dalam produk Mamin dan bahan kosmetik. Karena ternyata dalam produk tersebut, ada yang ditemukan mengandung bahan kimia, berupa merkuri (raksa) yang sangat membahayakan bagi tubuh.
Kepada Radar Tarakan Justina menegaskan, produk apapun itu jika mengandung bahan merkuri, tidak boleh digunakan apalagi dikonsumsi. ”Apalagi untuk makanan dan minuman, sangat berbahaya jika dikonsumsi karena bisa menyebabkan kematian,” tegas Justina.
Selain untuk bahan Mamin, bahan mengandung merkuri juga tidak boleh digunakan untuk seluruh produk kosmetik. Pasalnya, merkuri ini termasuk bahan kimia yang peruntukannya bukan untuk kosmetik, apalagi untuk makanan dan minuman.
”Bahan merkuri ini adalah bahan kimia berbahaya, yang biasanya digunakan untuk pengawet mayat,” ujar Justina. Dengan begitu, berapapun kadarnya, maka bahan kimia merkuri tidak boleh digunakan untuk makanan minuman maupun kosmetik.
Dijelaskannya, bahan kimia berbahaya ini memang sering mereka jumpai pada alat kosmetik, terutama pada produk pemutih wajah pada wanita. ”Ini yang sering disalahgunakan,” kesalnya.
Biasanya, lanjut dia lagi, bahan merkuri ini terdapat pada produk kosmetik wanita dengan manfaat untuk memutihkan wajah. ”Itu keliru besar, karena jika bahan kimia merkuri ini dioleskan pada wajah, maka akibatnya kulit di wajah akan mengalami pecah-pecah,” jelasnya.
Dia menguraikan, sebagai zat kimia, merkuri jika dioleskan ke wajah akan menimbulkan radang. Kondisi ini menyebabkan kapiler-kapiler di wajah akan melebar sehingga aliran darah yang menuju kulit wajah akan meningkat. Hal ini menyebabkan wajah tampak merah, bengkak dan meradang pada wajah dan menimbulkan rasa nyeri.
Biasanya efek ini timbul mulai 2 minggu sampai 1 bulan setelah pemakaian tergantung dari sensitifitas kulit dan banyaknya dosis merkuri di dalam cream pemutih. Jika hal ini terjadi maka tak lama kemudian akan menimbulkan kerusakan pada kulit seperti timbul flek hitam-hitam, benjolan-benjolan, rasa nyeri seperti terbakar, kemerahan, dan sebagainya.
”Sedangkan pada tubuh, merkuri yang terserap ke dalam tubuh melalui kulit akan menyebabkan kerusakan ginjal dan dalam jangka lama akan menimbulkan kanker. Jadi perhatikan baik-baik sebelum membeli,” pesan Justina.
Seperti diberitakan, tim gabungan satgas produk ilegal yang terdiri dari Balai Besar POM Samarinda, Kepolisian baik dari Polda Kaltim, Polres Tarakan, Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Satpol PP menggelar penertiban produk ilegal di Tarakan dan beberapa kota di utara Kaltim lainnya.
Aksi satgas produk ilegal yang bergerak ke Tarakan sejak kemarin ini memiliki beberapa sasaran utama. Di antaranya sarana distribusi obat, makanan, kosmetik dan sebagainya.
Di hari pertama penertiban, Rabu lalu, tim berhasil mengamankan ratusan kemasan kosmetik dan produk makanan asal Malaysia dari sebuah toko di Selumit Pantai yang diduga kuat juga menjadi distributor. Produk-produk ini disita, karena tidak memiliki kode ML (dari luar negeri), MD (dalam negeri) atau PIRT (untuk rumah tangga) pada setiap kemasannya.
Apakah produk Malaysia, terutama produk kosmetik diindikasi mengandung merkuri?  Justina mengatakan, untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan merkuri perlu melalui pengujian di laboratorium. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan produk-produk Malaysia itu mengandung bahan kimia berbahaya ini. “Indikasi ada, tapi produk apa saja yang mengandung belum bisa kita pastikan. Karena untuk menentukan itu harus melalui uji di laboratorium dulu,” jawabnya singkat. (ddq/ngh)

Sumber Info (Kecuali Gambar) : Radartarakan.co.id - Jumat, 9 Desember 2011


JANGAN LUPA BACA JUGA :


DAFTAR NAMA 27 PRODUK KOSMETIK MENGANDUNG MERKURI 
YANG DITARIK BPOM 
SILAHKAN KLIK DISINI

BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS