TERBARU.......

Jumat, 20 Januari 2012

PEMKOT PERLU ANTISIPASI LONGSOR



#Tarakan - 


Anggota Komisi III DPRD Tarakan Gunawan Wibisono memberikan peringatan kepada Pemkot Tarakan melalui instansi dibawahnya untuk waspada terhadap longsor. Pasalnya, tingginya intensitas hujan sepanjang beberapa minggu ini bisa mengakibatkan longsor di beberapa tempat yang rawan longsor. Seperti yang terjadi di RT. 3 Kelurahan Karang Anyar.
“Untuk daerah rawan longsor dengan kemiringan yang curam, kawasan seperti ini harusnya dapat diperhatikan sebagai kawasan karena berbahaya untuk dilakukan pemukiman,”ujarnya.
Menurutnya, daerah rawan longsor ini dapat di minimalisir jika regulasi pengaturan pembangunan rumah diatur dan dilaksanakan sesuai aturan yang ada, seperti menata pemukimannya. “Kejadian dan tata pemukiman ini juga diharapkan menjadi bahan evaluasi agar kejadian longsor tidak terjadi. Dimana masyarakat secara bebas untuk tinggal di kawasan rawan longsor dan berakibat keselamatan penghuninya,”imbuhnya.
Pemerintah juga diharapkan kedepannya dapat menolak izin mendirikan bangunan bagi masyarakat yang membangun di kawasan rawan longsor dan area perbukitan  sehingga menanggulangi dampak yang tidak baik di kemudian hari.
“Peran Pemerintah yang harus ditegaskan, jangan sampai memberikan ijin kepada warga yang ternyata daerahnya termasuk pemukiman rawan longsor. ini kan tujuannya untuk menanggulangi dampak yang akan terjadi nanti,”kata Gunawan lagi
Gunawan juga menambahkan agar sebaiknya semua Kelurahan yang ada di Tarakan dapat mendata warga diwilayahnya yang bermukim di wilayah perbukitan sehingga dapat dilakukan antisipasi dalam pencegahan dampak musibah longsor.
“Perlu dilakukan pendataan oleh Kelurahan untuk mengetahui siapa saja warga yang daerahnya rawan longsor. jadi melalui pendataan ini dapat mengantisipasi apapun kemungkinan longsor yang terjadi, termasuk dampaknya,”ungkapnya. (saf)

Sumber Info (Kecuali Gambar) : KORANKALTIM.CO.ID - JUM'AT, 20 JANUARI 2012


FOTO - FOTO
GUNAWAN WIBISONO, S.Hut






BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS