TERBARU.......

Selasa, 06 November 2012

Jejak Penjajah Tersebar, Tarakan Belum Siapkan Tur Napak Tilas





#Tarakan - Sejak 25 Oktober 2012, Kota Tarakan resmi bergabung dengan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Selain wisata budaya, Kota Tarakan tengah mengembangkan wisata sejarah peninggalan Belanda.
Tarakan merupakan sebuah kota yang terletak di pulau seluas 250 kilometer persegi. Tarakan merupakan peninggalan Belanda sehingga ketika dibentuk menjadi sebuah kota, Tarakan tidak lagi memerlukan pemekaran yang rumit.

Tarakan pun menyimpan banyak benda peninggalan sejarah penjajah Belanda, kebanyakan bunker yang tersebar di beberapa wilayah, Monumen Australia, serta makam-makam Jepang dan Belanda. Di luar dari peninggalan tersebut, Tarakan pun merekam jejak Belanda di Museum Bundar, benda-benda yang dikategorikan berukuran kecil dan bisa dikumpulkan dalam satu tempat.

Banyaknya peninggalan sejarah zaman Jepang dan Belanda membuat kota ini dikunjungi banyak wisatawan negara tersebut yang ingin bernostalgia.

“Untuk wisata perang, banyak wisatawan datang dari Jepang dan Belanda, kalau wisatawan domestik masih kurang,” ujar Irwansyah, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Kota Tarakan, ketika dihubungi Okezone, Selasa (6/11/2012).

“Peninggalan-peninggalan sejarah memang tidak berada di satu tempat, tapi ke depan kami akan ada tur wisata sejarah,” imbuhnya.

Rumah Bundar adalah sebuah rumah beratap lengkung yang terdapat di  tengah Kota Tarakan, tepatnya di Jalan Danau Jempang. Rumah yang dibangun pada 1945 ini menjadi tempat tinggal para tentara Australia setelah berhasil merebut Tarakan dari Jepang.

Para tentara Australia tersebut tinggal di tempat ini sebelum ditarik ke kampung halamannya. Kini, wisatawan mancengara dapat memasuki Rumah Bundar untuk melihat benda-benda peninggalan sejarah kota ini.


Sumber Info : Okezone.comSelasa, 6 November 2012



BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS