TERBARU.......

Selasa, 06 November 2012

Tak Seperti Bali, Kota Baru di Kaltara "Jual" Wisata Budaya




#Tarakan menjadi satu-satunya kota yang secara administratif bergabung dengan Kalimantan Utara, sebelumnya dengan Kalimantan Timur. Walau dikelilingi laut, Kota Tarakan tak bisa mengandalkan wisata alam untuk menarik wisatawan datang.
Tarakan di Kalimantan Utara (Kaltara) merupakan sebuah kota berbentuk pulau seluas 250 kilometer. Sebuah daerah yang dikelilingi laut biasanya akan “menjual” pemandangan alamnya kepada wisatawan. Namun, tidak demikian dengan Kota Tarakan.

Pantai Amal, misalnya, letaknya langsung menghadap laut lepas. Ombak pantai sepanjang tiga kilometer ini cukup besar yang mengakibatkan abrasi pantai, dan dinilai kurang cocok untuk wisata air, seperti snorkeling maupun diving.

“Di Pantai Amal, ombaknya besar karena langsung menghadap laut lepas sehingga jarang ada aktivitas air. Saat ini, Pantai Amal sedang dipasangi tembok dan bebatuan untuk mencegah abrasi,” kata Irwansyah, Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Kota Tarakan, ketika dihubungi Okezone, Selasa (6/11/2012).

Sejauh ini, wisatawan yang datang ke Pantai Amal lebih banyak menghabiskan waktu dengan menikmati panorama pantai sambil menyantap hidangan laut.

“Biasanya wisata kuliner,makan udang. Udangnya langsung dari laut, jadi fresh,” imbuhnya.

Namun menurutnya, Kota Tarakan tak kehabisan akal untuk menggali potensi pariwisatanya di luar wisata alam yang dinilai kurang membawa keberuntungan.

“Kita tidak punya alam seperti Bali, jadi kita kembangkan sektor lain,” ujarnya.

Kota Tarakan pun fokus mengembangkan potensi wisata budaya. Di Tarakan, secara rutin diselenggarakan festival kebudayaan bertajuk Pesta Rakyat Iraw Tengkayu. Pesta rakyat ini diisi dengan pawai mengiringi Padau Tuju Dulung, yaitu sebuah perahu dengan tujuh haluan, sebelum akhirnya dilarung ke Pantai Amal.

Acara yang menyedot banyak wisatawan ini dihelat setiap dua tahun. Untuk yang akan datang, Pesta Rakyat Iraw Tengkayu akan diadakan pada Desember 2013.

Sumber Info : Okezone.comSelasa, 6 November 2012




BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS