TERBARU.......

Sabtu, 27 Agustus 2011

ARUS MUDIK KELUAR TARAKAN MENINGKAT





#TARAKAN - 

Memasuki H-4 hari raya Idulfitri 1432 H kemarin, arus mudik yang menggunakan jalur laut antar kabupaten di utara Kaltim di pelabuhan Tengkayu I cukup meningkat. Dari data Syahbandar Tengkayu I, selama seminggu terakhir tercatat penumpang yang berangkat meninggalkan Tarakan lebih banyak dibandingkan yang tiba. Data  penumpang yang berangkat maupun tiba setiap harinya mengalami peningkatan. Pada 19 Agustus lalu, penumpang berangkat tercatat ada 824 penumpang, sedangkan yang tiba ada 753 penumpang.
Namun pada 20 Agustus untuk penumpang yang tiba mengalami penurunan. Yakni 665 penumpang, tapi yang berangkat malah meningkat ada 911 penumpang. Di hari berikutnya tepatnya 21 Agustus, penumpang tiba sebanyak 661 orang dan berangkat 1.066 orang (selengkapnya lihat grafis).
Dalam mengatasi lonjakan penumpang ini, tidak ada penambahan armada speedboat. Hal tersebut diungkapkan anggota keselamatan pelayaran pelabuhan Tengkayu I Tarakan, Toni Narman. “Tidak ada penambahan, saat ini cukup saja karena sesuai tujuan,” ujar Toni Narman kepada Radar Tarakan kemarin.
Dikatakannya, bila armada ditambah, maka jadwal pun harus diubah karena yang ada sekarang ini sudah sesuai dengan keberangkatan, kecuali ada yang menyewa khusus speedboat. Mengenai jumlah armada untuk masing-masing tujuan diantaranya Tanjung Selor (15 armada), Malinau (10 armada), Nunukan (7 armada), KTT (9 armada), Pulau Bunyu (5 armada) dan Sebatik (2 armada).
Menurutnya, jelang lebaran keberangkatan yang dituju penumpang sebagian besar adalah Tanjung Selor, dan paling sedikit ke Sebatik. Terbukti, selama seminggu ini, jumlah penumpang tujuan Tanjung Selor mencapai 2.996 orang. “Besok (hari ini, Red) puncaknya arus mudik karena para pegawai negeri sudah libur hari ini (kemarin),” bebernya.
Diakui Toni, nantinya saat hari raya baik itu Idulfitri, pelayanan antar pulau ini akan tetap beroperasi dengan tujuan Tanjung Selor, Pulau Bunyu dan Nunukan. “Tetap ada yang beroperasi tapi tidak semua, ada pula yang memilih tidak beroperasi karena merayakan lebaran,” ungkapnya.



Penumpang Kapal Pelni Juga Meningkat

Sementara itu, ribuan penumpang KM Tidar memadati ruang tunggu penumpang di Pelabuhan Malundung Tarakan pada arus mudik, pagi kemarin (26/8). Berdasarkan data PT Pelni Cabang Tarakan, jumlah penumpang kali ini mengalami kenaikan sekitar 150-an orang dibandingkan pada H-7 lebaran lalu, dengan jumlah penumpang sebanyak 1.070 jiwa. “Saat ini ada terjadi kenaikan jumlah penumpang, tapi tidak signifikan,” kata Kepala cabang PT Pelni Tarakan, Abdullah Tue kepada Radar Tarakan kemarin. Rata-rata penumpang melalui Pelabuhan Malundung melalui KM Tidar itu berpergian dengan tujuan Kota Balikpapan, Pare-Pare dan Surabaya.Hal serupa juga terjadi pada jumlah penumpang yang tiba di pelabuhan Malundung Tarakan melalui KM Tidar pagi kemarin. Jika sebelumnya hanya berjumalah 99 orang, kemarin tercatat sebanyak kurang lebih tiga ratus penumpang yang tiba.  “Sebenarnya khusus penumpang yang berpergian ini jauh dari prediksi kita sebelumnya yang memperkirakan mencapai 1.500 orang,” kata dia. 
Peningkatan penumpang yang berangkat melalui pelabuhan Malundung Tarakan ini sudah terjadi pada pertengahan H-15 lebaran melalui KM Bukit Siguntang, dengan jumlah penumpang sebanyak mencapai 2.000 orang. “Masih ada satu jadwal keberangkatan lagi, yakni tanggal 30 Agustus, tapi kita prediksi sepertinya bakal sepi,” pungkasnya. (ipk/sur)


Sumber Info :
Radartarakan.co.idSabtu, 27 Agustus 2011

BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS