TERBARU.......

Jumat, 16 Desember 2011

HJ. ARDININGSIH : DALAM PEMBERITAAN KEKERASAN, MEDIA JANGAN MEMUAT ORANG YANG DIBERITAKAN MENJADI TERMARJINALKAN


#Tarakan - 


Hj. Ardiningsih yang merupakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan & Keluarga Berencana (BP2KB) Propinsi Kalimantan Timur, Selasa (13/12), menyempatkan diri untuk memberikan keterangan pers kepada awak media cetak & elektronik. 

Dikatakan Ardiningsih, saat ini dirinya sangat menghawatirkan pemberitaan media cetak/ elektronik yang belakangan ini dinilai sudah melewati batas terutama bila menyoroti masalah kekerasan/ anak dibawah umur/ remaja perempuan. “Saya minta kepada media cetak/ elektronik untuk lebih menghormati Hak Asasi Manusia sumber berita,” ungkapnya. 

Saya pernah memprotes media cetak di Kalimantan Timur yang mengangkat berita tentang tertangkapnya pelajar putri SLTA yang sedang berpacaran di pinggir pantai pada saat jam belajar,” jelasnya. 

Maksud dari kasus berita diatas, Ardiningsih menilai media tersebut terlalu vulgar karena identitas siswi dan sekolahnya tersebut dipampang dengan jelas. Bisa dibayangkan efeknya, selain pelajar yang bersangkutan menjadi trauma dan akan menutup diri dari pergaulannya, rekan - rekan sekolahnya pun pasti merasa malu karena nama sekolahnya telah tercemar. 

Menurut Kepala BP2KB Propinsi tersebut, media harus hati – hati dalam pemberitaan kekerasan, jangan terlalu vulgar, jangan hanya dilihat dari sisi seksulitasnya saja (red, keseksian beritanya). 

Jangan sampai membuat orang yang diberitakan menjadi orang yang termarjinalkan, yang terdiskriminasi, yang nantinya justru malah menjadi lebih parah,” tegasnya. 

Maksud dari termarjinalkan, yakni bila berita tersebut di exspose luar biasa (red, di blow up) dengan tidak memperhatikan HAM nya, bisa saja membuat orang yang diberitakan menarik diri dari lingkungan bukan untuk menjadi lebih baik, bahkan bisa mempengaruhi orang lain. 

Artinya berita tersebut bisa saja “naik cetak” tetapi tidak sampai memarjinalkan orang yang diberitakan. (DD, Diskominfo Tarakan)



Sumber Info : Tarakankota.go.id - 15 Desember 2011


BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS