TERBARU.......

Kamis, 19 Januari 2012

2012 PDAM PROGRAMKAN 5 RIBU PEMASANGAN BARU



Perlu Rp 3,5 Miliar untuk Realisasikan

#Tarakan - 

SELAIN akan menaikkan tarif dasar air, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) pada tahun 2012 ini juga akan mengimbangi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini terlihat dari program PDAM untuk melakukan pemasangan baru sebanyak 5 ribu sammbungan pada 2012 ini. “Sambil menunggu realisasi kegiatan, karena masih banyak daerah-daerah yang belum terjangkau oleh kita,” terang Direktur Utama (Dirut) PDAM, Agus Adnan kepada Radar Tarakan.
Dari 5 ribu pemasangan tersebar diseluruh kecamatan di Tarakan. Untuk daerah Intraca sendiri, berdasarkan informasi yang diperoleh PDAM dari koperasi Intraca, sekitar 1.000 lebih warga yang menyampaikan pemohonan untuk pemasangan baru. Sedangkan untuk daerah Lestari, depan Yonif 613 Raja Alam warga yang menunggu pemasangan baru sekitar 100 lebih. “Untuk daerah Lestari ini sudah ada jaringan yang terpasang atau pipa yang difungsikan,” kata Agus.
Sedangkan untuk wilayah perkotaan atau dua kecamatan juga akan dilayani pemasangan baru dengan jumlah yang cukup banyak. Wilayah pesisir yang seperti Selumit Pantai dan kelurahan- kelurahan yang belum terjangkau oleh pipa PDAM juga rencananya akan dilayani pada 2012 ini pada program 5 ribu pemasangan baru. Pada Januari ini, program pemasangan baru kata Agus sudah mulai berjalan. Dari 5 ribu pasangan baru ditarget bisa terealisasi pada akhir Desember 2012.
 “Rincinya dari 5 ribu pemasangan baru dibagi 12 bulan. Jadi setiap bulan ditargetkan harus ada pemasangan baru,” tandas pria yang juga merangkap jabatan sebagai Direktur Teknik PDAM ini. Berarti setiap bulan PDAM berencana akan melayani pemasangan baru 400 sambungan lebih. “Tapi kita tidak menuntut harus segitu (400 lebih sebulan,red), jika jaringan on dan ready akan terus kita penuhi pemasangan baru dan bisa saja lebih dari jumlah itu,” imbuhnya. Olehnya itu, jika tanpa kendala dan berjalan dengan lancar serta didukung anggaran yang cukup, pemasangan baru bisa lebih cepat dari target yang ditentukan.
Olehnya itu, Agus berharap pemerintah Kota Tarakan dapat memberi bantuan melalui APBD agar program ini agar dapat direalisasikan dengan baik. “Kalau dana mencukupi tetap akan kita layani. Mudah-mudahan ada bantuan dari pemkot untuk pemasangan pipa,” harapnya. Dalam program pemasangan baru ini, anggaran yang dibutuhkan sangat besar, untuk satu unit pemasangan diperkirakan butuh dana sebesar Rp 700 ribu untuk persediaan aksesoris, pipa dan perlengkapan bahan lainnya. Jika dikalkulasikan, maka anggaran  untuk 5 ribu pemasangan ini sebesar Rp 3,5 miliar. Sementara PDAM tidak akan terlebih dulu membebankan ke masyarakat untuk pemasangan baru dan pastinya menggunakan anggaran PDAM dulu.
Untuk hambatan, menurut Agus tetap ada, khususnya dalam hal kegiatan proyek. Sebab saat ini masih saja ada masyarakat yang tidak mau pekarangan atau jalan rumahnya dilalui saat pemasangan pipa. “Juga dalam hal biaya, karena pasti ada masyarakat yang tidak mampu. Tapi untuk yang tidak mampu nantinya bisa nyicil sampai 2 kali,” tutupnya. (jnu/iza)


Sumber Info (Kecuali Gambar Ilustrasi) : Radartarakan.co.id - Kamis, 19 Januari 2012

BERBAGI INFO :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS