TERBARU.......

Rabu, 04 April 2012

JULI, AKPER KALTARA BERUBAH JADI STIKES



#Tarakan - 


Rencananya mulai Juli 2012 mendatang, Akademi Keperawatan (Akper) Kaltara bakal berubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes).
Direktur Akper Kaltara, Muhammad Aris, M.Kes menyampaikan, perubahan status Akper Kaltara yang diusulkan sejak 2010 itu hingga saat ini telah diproses oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Kesehatan Kaltim.
“Sebelum pendaftaran nahasiswa baru pada bulan September nanti status Akper Kaltara akan berubah menjadi Stikes, dan merupakan satu-satunya di utara Kaltim. Diperkirakan Juli tahun ini diresmikan,” kata Muhammad Aris kepada Radar Tarakan kemarin (3/4).
Jika hal tersebut terwujud, maka dipastikan Stikes Kaltara Tarakan akan membuka tiga program studi khususnya untuk lulusan Strata Satu (S1) Bidang Farmasi maupun Keperawatan. Selama ini Akper Kaltara hanya membuka program studi Keperawatan.
“Mulai sekarang kita sudah memasuki tahap sosialisasi untuk Stikes Kaltara kepada masyarakat, terutama program studi baru yang dibuka nanti,” katanya.
Selama ini, kata Aris, Akper Kaltara telah memiliki empat orang sebagai tenaga pendidik yang memiliki latar pendidikan S2 di bidang kesehatan dari 23 orang. Sementara, salah satu syarat untuk menjadi Stikes, minimal memiliki 2 orang tenaga pendidik berijasah S2.  “Artinya secara administratif kita tidak ada masalah. Bahkan tahun ini kita tengah menyekolahkan 2 orang untuk itu,” katanya.
Selain itu, kuota atau jatah penerimaan mahasiswa baru yang sebelumnya hanya diberikan sebanyak 80 siswa sejak berdirinya Akper Kaltara pada 2003, tahun ini dipastikan menerima sebanyak 350 calon mahasiswa.
“Meliputi kuota untuk perawat 150 orang dan masing-masing 100 mahasiswa baru untuk bidang studi promosi kesehatan dan farmasi. Kalau pun tetap masih berstatus Akper, akan juga ditambah menjadi 150 dari 80 orang sebelumnya,” jelas Aris.
Pendaftaran mahasiswa baru pada ajaran baru tahun ini akan dibuka dua periode. Untuk gelombang pertama atau periode pertama dimulai Mei hingga pertengahan Juli 2012. Setelah itu dibuka untuk gelombang kedua hingga Agustus mendatang.
“Alhamdulillah sejak Akper Kaltara berdiri 2003, alumni-alumni kami hampir semua tidak ada yang menganggur khususnya yang berasal dari luar daerah yang rata-rata ditempatkan di Puskesmas dan RSUD-nya masing-masing,” beber Aris.
Aris menambahkan, tahun ini para mahasiswa Akper Kaltara yang telah selesai ujian akhir mendapat kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia. “Intinya selain mendapat ijazah dari kampus, mereka juga nantinya akan mendapatkan ijzah sertifikasi kompetisi keperawatan, dan STR (Surat Izin Praktek),” kata Aris lagi.(sur/ris)


Sumber Info : Radartarakan.co.id - Rabu, 4 April 2012






BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS