TERBARU.......

Selasa, 15 Mei 2012

TUNTUT HAK, GURU MTs MOGOK MENGAJAR



#Tarakan - Sabtu (12/5) lalu, sejumlah guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan honor di Madrasyah Tsanawiyah (MTs) Negeri Tarakan melakukan aksi mogok kerja dengan tidak beraktivitas memberikan pelajaran kepada pelajar MTs. Akibatnya, sebagian besar pelajar di sekolah yang bernaung dibawah Kementerian Agama Kota Tarakan itu, tak bisa mengenyam pelajaran seperti biasanya. Aksi tersebut, diinformasikan berlanjut hingga kemarin (14/5), meski masih ada sebagian kecil aktivitas belajar-mengajar berlangsung.
Salah seorang guru PNS dari MTs yang melakukan aksi mogok belajar tersebut, N mengaku aksi mereka tersebut dipicu oleh belum diterimanya sejumlah tunjangan guru oleh 16 guru PNS dan 12 guru honor di MTs Negeri. Sebut N, aksi mereka akan terus berlanjut hingga hak-hak mereka tersebut dipenuhi. Tunjangan dimaksud, diantaranya tunjangan sertifikasi guru PNS, yang berdasarkan besaran jumlahnya sama besarnya dengan gaji pokok, yakni sekira Rp 2,5 juta per guru. “Tunjangan tersebut, harusnya dibayarkan bulan maret, namun sejak Januari hingga sekarang, tunjangan tersebut belum diterima,” ungkap guru pria ini.
Tunjangan lainnya, yakni tunjangan remedial bagi guru PNS maupun honorer selama lima hari. Tunjangan ini, sejak Oktober 2010 hingga sekarang belum diterima. Besarannya Rp 35 ribu per jam per hari. Lalu insentif lainnya seperti insentif kegiatan ekstrakulikuler terhitung sejak Januari hingga saat ini, baik untuk guru Pembina maupun guru diluar sekolah juga belum dibayarkan. Besarannya Rp 6 ribu per minggu. Termasuk, insentif kegiatan Ujian Nasional (UN) yang besarannya ditentukan oleh Bagian Tata Usaha. “Kami minta cepatlah dibayarkan, kita sudah ajukan bahkan sampai ke Kementerian Agama yang menaunggi kami, tapi tidak direspon,” kesalnya.
Selain menuntut agar hak-hak para guru PNS dan Honorer MTs Negeri dibayarkan, mereka juga menginginkan agar permasalahan ini ditindaklanjuti lebih jauh. “Kami ingin keadilan, kami rela (mengajar tanpa bayaran) untuk bangsa, tetapi untuk anak dan istri kami bagaimana,” ucapnya dengan mata yang berkaca-kaca.
Dipastikannya, aksi mogok belajar akan berlangsung selama tiga hari, hingga hari ini (15/5). “Kami lakukan seperti ini agar masyarakat melihat,” jelasnya.
Dikonfirmasi terpisah, Sapriansyah Ali, Kepala Seksi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) pada Kementerian Agama Kota Tarakan mengatakan, sebenarnya permasalahan yang menimpa para guru PNS dan Honorer di MTs tersebut bukanlah kewenangan Kementerian Agama Kota Tarakan. Sebab secara garis besar, tugas pokok dan fungsi Kantor Wilayah Kementerian Agama ialah membantu suplai bantuan-bantuan yang diberikan provinsi kepada satuan pendidikan yang dinaunginya, seperti bantuan operasional sekolah, bantuan untuk anak miskin dan lainnya. Selain membantu dalam penyuplaian, pihaknya juga menyampaikan informasi dari Kementerian Agama provinsi kepada mereka. “Madrasah itu ‘kan ada pimpinan, kan disitu ada kepala (madrasah). Kepala itu harus ada pembantunya seperti Tata Usaha, dan Tata Usaha ini sebagai motornya, yang memberikan tunjangan termasuk gaji. Kalau Tata Usaha-nya tidak berjalan, otomatis hak mereka juga tidak berjalan,” kata Sapriansyah.
Dari itu, ia menyarankan kepada pihak madrasah, agar pimpinan yang ada, dapat memberikan dan mencarikan solusi yang terbaik bagi guru-guru yang tidak menerima haknya tersebut. “Seorang kepala itu harus mempunyai (kemampuan) manajerial yang baik. Kalau timbul masalah, seorang kepala harus mempunyai tenga sendiri, kalau tidak mampu dia harus minta wakilnya membantu,” ucap Sapriansyah.
Sementara itu, Kepala MTs Negeri Kota Tarakan, Abdul Malik saat dimintai tanggapannya mengenai masalah ini, kemarin (14/3) mengaku, pihaknya sudah menggelar rapat bersama para guru yang melakukan mogok. Dalam rapat tersebut, aku Abdul Malik, sudah ada kesepakatan yang dicapai.(*/mad/ndy)

Sumber Info (Kecuali Gambar Ilustrasi) : Radartarakan.co.id - Selasa, 15 Mei 2012



BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS