TERBARU.......

Rabu, 08 Agustus 2012

PASAR RAMADHAN DI TARAKAN, SUDAH EMPAT PULUH TAHUN LALU




#Tarakan - Ada sebuah ciri khas bagi masyarakat Tarakan bila bulan suci ramadhan tiba, yakni munculnya `Pasar Ramadhan` yang mulai berjualan jam 15.30 Wite. Menurut salah seorang warga yang berdomisili di Sawah Lunto, Lela (54 th), Pasar Ramadhan tersebut telah lama hadir di Tarakan, sekitar empat puluh tahun lalu. 

Sejak tahun 1970 bila masuk bulan ramadhan di Tarakan sudah ada para penjual wadai (red, kue jajanan pasar) untuk berbuka puasa,” Kata Lela. 

Masih menurut Lela, saat tahun 70`an para penjaja wadai ini berjualan di tiga titik, yakni Pasar Marconi, Pasar Lingkas, dan Pasar Simpang Tiga (yang sekarang telah berubah menjadi Grand Tarakan Mall). 

Ada beberapa kue jajanan yang bertahan dari dahulu hingga saat ini, antara lain Sari Muka Ketan, Bebongko, Amparan Tatak Pisang, Bingka, Putu Mayang, dan lain sebagainya,” jelasnya. 

Dirinya masih ingat, diterangkan Lela, bila pulang dari bank sehabis bekerja pasti disempatkan mampir ketempat penjual wadai di pasar Lingkas atau di pasar Marconi untuk mencari takjil berbuka puasa. Seiring berjalan waktu, setelah pasar Marconi dipindahkan ke pasar Tenguyun, para penjual kue tersebut difasilitasi dan ditata kelola oleh Kelurahan Pamusian. 

Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, pasar ramadhan yang terletak tepat dihalaman kantor Kelurahan Pamusian tersebut bermetamorfosa menjadi salah satu icon ramadhan di Tarakan, karena setiap sorenya selama bulan ramadhan, sudah pasti dijejali oleh kaum muslimin untuk mencari takjil berbuka puasa. 

Bahkan masyarakat non-muslim pun sepertinya tidak mau melewatkan moment berburu wadai – kuliner yang hanya ada setahun sekali tersebut, mereka turut berburu wadai ataupun kuliner lainnya ke pasar ramadhan Marconi. Maka jangan heran bila kita memasuki kawasan Marconi Dalam pada waktu sore hari saat bulan puasa, kita akan terjebak macet karena berjejalnya masyarakat berburu wadai dan kuliner. (OZ – DD, Diskominfo Tarakan)


Sumber Info : Tarakankota.go.id - Rabu, 08 Agustus 2012



BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS