TERBARU.......

Minggu, 04 November 2012

Kaltara Lahir, Pariwisata Kaltim Terancam?




LIMA kabupaten/kota di Kalimantan Timur  resmi bergabung dalam sebuah provinsi baru yaitu Kalimantan Utara . Apakah dengan lahirnya Kaltara, pariwisata Kaltim terancam?


Pada 25 Oktober 2012 lalu, DPR meresmikan terbentuknya sebuah provinsi baru yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Provinsi ini meliputi Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan , Kabupaten Tana tidung, Kabupaten Malinau. Satu Kota dan empat kabupaten yang tergabung di dalamnya itu merupakan wilayah yang sebelumnya masuk ke dalam wilayah administrasi Kalimantan Timur.

Seperti diketahui, jika kelima wilayah tersebut memiliki potensi wisata yang beragam. Keluarnya lima kota/kabupaten dari Kalimantan Timur itu dikhawatirkan akan mengancam sektor pariwisata di Kaltim.



Marketing and Cooperation staff Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur, Ubadin, saat dikonfirmasi mengaku tidak ada kekhawatiran atas hal tersebut.



“Saya rasa tidak akan mengancam pariwisata Kaltim ya, karena yang berpisah hanya empat wilayah sedangkan Kabupaten Tana Tidung itu wilayah baru. Jika dipersentasekan, mungkin hanya akan berkurang sebanyak 35% saja dari biasanya,” ujarnya.



Ubadin menjelaskan, saat ini Kalimantan Timur masih memiliki daerah-daerah andalan lain yang memiliki begitu banyak potensi wisata di dalamnya, misalnya wilayah Kutai dengan potensi budayanya. Selain itu, keanekaragaman biota laut yang saat ini menjadi salah satu fokus pariwisata di daerah Derawan, Kabupaten Berau, masih termasuk wilayah Kalimantan Timur.



“Beberapa daerah andalan pariwisata potensial masih termasuk ke dalam wilayah kami, misalnya saja biota laut yang ada di daerah Derawan, Kabupaten Berau, sehingga program Sail Derawan 2013 masih dalam proses,” tuturnya.



“Menurut saya, jika dilihat secara kelembagaan, adanya provinsi baru yaitu Kalimantan Utara sangat bagus. Dengan begitu setiap daerah akan lebih giat dan terus terpacu untuk mengembangkan sektor pariwisatanya,” tutupnya.


Sumber Info (Kecuali Gambar) : Okezone.comMinggu, 4 November 2012



BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS