TERBARU.......

Jumat, 21 Desember 2012

Motif Batik Tarakan Kaya dengan Adat Budaya Suku Dayak Tidung




#Tarakan - Orang mengenal batik berasal dari Jawa, seperti batik Solo, batik Yogya maupun batik Pekalongan. Tapi nyatanya ada juga batik juga ditemukan di pulau lain, di Sumatera Sulawesi bahkan Kalimantan.
Nah, salah satu yang dikenal di Kalimantan adalah motif batik Tarakan. Nah, untuk lebih memperkenalkan, desainer Dee Ong akan meluncurkan buku batik Tarakan. Saat ini, Dee telah mematenkan 29 motif batik Tarakan.


"Sebenarnya batik Tarakan bukan sesuatu yang baru. Bahkan sudah  dipamerkan di lokal dan nasional. Dengan buku yang akan saya buat mungkin pecinta baik bisa mempunyai gambarannya," tutur desainer kondang Dee Ong kepada wartawan, Jumat (14/12/2012).  
Berbeda dengan di Jawa atau daerah lainnya, motif batik tarakan diambil adat budaya suku dayak tidung. "Motifnya ringan dan cantik. Untuk pewarnaannya juga menggunakan pewarna alam, dari tanaman yang memang ada cuma di tarakan seperti pohon tram," tuturnya.   
Dengan penggunaan warna ini warna-warna yang dihasilkan sangat soft seperti  cokelat, hijau, merah marun. Prosesnya lebih banyak diproduksi dengan proses pengecapan. "Jadi pasti beda dengan batik Jawa, wong budaya dan  hasil alamnya beda," katanya.
Desainer yang pernah menjadi Duta Fashion Indonesia dalam Asian Premiere London Fashion Week di Porchester Hall, London, mengungkapkan komitmennya tidak pernah meninggalkan batik. "Tapi saya juga akan bergantian mengangkat kain tradisional dari berbagai pelosok daerah Indonesia," tuturnya.
Awal Dember 2012 lalu, De Ong memberikan pelatihan ini bertemakan pengembangan motif batik tarakan untuk menembus pasar nasional & internasional yang dihadiri pembatik, tukang jahit, dan team marketing.

Sumber Info : Tribunnews.com - Sabtu, 15 Desember 2012



BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







1 komentar:

  1. Mohon maaf... kapan mulanya batik Tarakan ada ? karena selama saya di tarakan batik yang di pakai oleh suku tidung dan warga tarakan adalah Motoif batik yang berasal dari Samarinda, Jawa dan Sulawesi..
    Selamat atas warga tarakan yang telah mempunyai motif batik sendiri..

    BalasHapus

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS