TERBARU.......

Jumat, 21 Desember 2012

Petani Organik di Tarakan Kini Bisa Panen Tiga Kali Setahun




#Tarakan - Sebagian petani di Mamburungan, Kota Tarakan, Kalimantan Timur, yang sudah beralih ke pertanian organik beberapa tahun lalu, kini bisa panen padi tiga kali setahun. Sebelumnya, mereka hanya bisa sekali panen dalam setahun.



"Sejak 2007, kami mulai mencoba menanam padi tanpa pupuk kimia. Ternyata hasilnya lebih bagus. Jika dulu dalam setahun hanya panen sekali, dan hasilnya hanya dua ton per hektar. Tetapi sekarang bisa panen tiga kali setahun, dan per hektar bisa empat ton, lalu skarang bisa 8,4 ton. Selain itu produksi cabai juga naik," ujar Syarifuddin, Ketua Kelompok Tani Mapan Sejahtera, di Mamburungan, Tarakan Timur.

"Mereka membuat sendiri pupuk kompos dan pestisida cair alami dari tumbuh-tumbuhan. Tanah tidak butuh pupuk kimia. Namun butuh dikembalikan kondisinya sehingga PH dan kesuburannya seperti semula. Semua yang diperlukan untuk bertani telah disediakan alam. K etika tanah bagus, hasil panen bagus," kata Syarifuddin.

Di kelompok beranggotakan 30 orang yang juga merupakan binaan Medco Energy ini, terdapat kandang kambing dan rumah kompos. Beras yang mereka hasilkan, mendapat respons bagus.

"Orang pun menyukai beras dari padi yang ditanam secara organik. Alami," katanya.

Sumber Info : Kompas.com - Jumat, 14 Desember 2012




BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS