TERBARU.......

Senin, 22 April 2013

Usulan Awang yang Gol




Irianto Jadi Penjabat Gubernur Kaltara

#Tarakan - Hari ini Selasa 22 April 2013 menjadi momentum bersejarah dalam perjalanan pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Sebab provinsi termuda di Indonesia itu akan diresmikan oleh pemerintah pusat sebagai provinsi ke-34. Peresmian Kaltara, bersamaan dengan 11 daerah otonom baru (DOB) lainnya. Termasuk kabupaten termuda di Kaltim, Mahakam Ulu (Mahulu).



Dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi atas nama Presiden RI juga akan melantik penjabat Gubernur Kaltara. Namun berbeda dengan Mahulu sudah ada kepastian Asisten III Setkab Kutai Barat, Muhammad Safri Ruslan akan dilantik menjadi penjabat Bupati Mahulu. Hingga tadi malam siapa yang akan dilantik menjadi penjabat Gubernur Kaltara masih simpang siur.
“Sampai siang tadi (kemarin), saya dapat informasi kalau penjabat gubernur itu Ahmad Zubaidi dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri). Tapi baru-baru ini saya dapat informasi kalau Irianto Lambrie yang akan menjadi penjabat gubernur,” kata Hetifah, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kaltim kepada Radar Tarakan,  tadi malam (21/4).
Irianto akan dilantik menjadi penjabat Gubernur Kaltara, lanjut Hetifah, diperoleh berdasarkan informasi sore kemarin. Ia yang kemarin berada di Balikpapan langsung bergegas ke Jakarta, tadi malam. Hetifah pun mengaku, satu pesawat dengan Bupati Malinau Yansen T.P. dan beberapa pejabat di wilayah Kaltara.
“Sampai saya turun dari pesawat (di Bandara Soekarno-Hatta, Red.), saya dapat kabar kalau penjabat gubernur yang akan dilantik Ahmad Zubaidi. Eh, barusan saya dapat kabar Irianto yang akan dilantik. Tapi saya yakin, bismillah, Pak Irianto yang dilantik besok (pagi ini).Wong beliau sudah menyiapkan bajunya,” kata politisi asal Partai Golkar, itu.
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak juga memberi pernyataan teka-teki. Ia mengatakan memang diundang untuk hadir di acara peresmian Provinsi Kaltara dirangkaikan dengan pelantikan penjabat gubernur pagi ini.
Hanya saja kata Awang, siapa yang akan dilantik agar ditanyakan ke Kemendagri. “Karena mereka (Kemendagri) yang memutuskan,” kata Awang.
Namun Awang tidak menampik mengusulkan satu nama menjadi penjabat Gubernur Kaltara. “Saya mengusulkan hanya satu orang yaitu Pak Irianto Lambrie,” tegasnya.
Sumber Radar Tarakan lainnya menyebutkan, selain Ahmad Zubaidi yang sekarang menjabat kepala badan penelitian dan pengembangan (Litbang) Kemendagri, Tarmizi Abdul Karim yang pernah menjadi penjabat Gubernur Kaltim juga sempat diusulkan sebagai penjabat Gubernur Kaltara.
“Tapi beliau tidak mungkin karena jabatannya sekarang sudah Dirjen,” kata sumber itu. Tarmizi yang kelahiran Aceh itu sekarang  menjabat direktur jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendagri.
Sekretaris Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) yang mantan Sekretaris Kota Bontang, M. Nurdin, juga sempat dikabarkan turut diusulkan menjadi penjabat gubernur Kaltara. Bahkan Menteri PDT Helmy Faishal Zaini saat berkunjung ke Kaltim belum lama ini, terang-terangan mengusulkan Nurdin.
Pihak Kemendagri juga belum mau menginformasikan siapa yang dilantik menjadi penjabat Gubernur Kaltara. ”Untuk menyampaikan nama penjabat itu wewenang Presiden, besoklah (pagi ini) akan ketahuan siapa orangnya,” kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Reydonnyzar Moenek, dihubungi tadi malam.
Namun Irianto membenarkan kalau dirinya akan dilantik pagi ini sebagai penjabat gubernur Kaltara. Pria kelahiran Banjarmasin 18 Desember 1958 dan pernah menjabat Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltim itu meyakinkan informasi tersebut, karena termasuk ikut dalam geladi sebagai persiapan pelantikan pagi ini di kantor Kemendagri.
“Karena sore tadi kita sudah menggelar geladi yang diikuti seluruh penjabat yang akan dilantik besok (hari ini, Red.),”  kata Irianto Lambrie kepada Radar Tarakan, tadi malam.
Ucapan selamat untuk Irianto langsung mengalir. Beberapa tokoh mendukung Sekprov Kaltim itu menjadi penjabat gubernur Kaltara karena diyakini mengetahui kondisi di wilayah ini. “Kita ucapkan selamat bagi Pak Lamrie sebagai penjabat  Gubernur Kaltara,” kata Ketua Adat Tidung Kabupaten Bulungan, Yunus Idrus, siang kemarin.
Ketua Lembaga Adat Dayak Kalimantan Utara (LADKU), Henoch Merang juga memiliki pandangan yang sama.  “Kita tetap dukung (Irianto jadi penjabat gubernur, Red.),” ucapnya.
Bupati Tana Tidung, Undunsyah berharap, penjabat gubernur dapat memahami Kaltara. Sebab menurut dia, karakteristik provinsi termuda ini sangat berbeda dengan provinsi lain di Indonesia. Penjabat gubernur nanti perlu menghayati dan memahami karakteristik dan budaya yang ada di Kaltara.
“Di sinilah peran serta penjabat gubernur untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi provinsi ke-34 ini. Jika tidak, wah itu sangat bahaya sekali, itu mungkin,” kata Undunsyah.
Lantas siapa yang layak menjadi penjabat Gubernur Kaltara menurut Undunsyah? “Semua layak, dan mereka nama-nama yang sering diperbincangkan itu tentu memiliki kualitas SDM yang hebatlah,” jawabnya.(sur/din/*asm/ris)


Sumber Info : Radartarakan.co.id - Senin, 22 April 2013



BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS