TERBARU.......

Jumat, 24 Mei 2013

Jelang Pilwali, Polres Tarakan Tidak Mau Lengah




#Tarakan - Semakin dekatnya Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Tarakan 2013 membuat Polres Tarakan meningkatkan pengamanan dalam mendukung suksesnya pesta demokrasi yang akan dihelat tanggal 10 September mendatang.



Kapolres Tarakan, Desman Sujaya Tarigan menyatakan sejak awal pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatu untuk perencanaan pengamanan pelaksanaan pesta demokrasi rakyat Tarakan yang hingga kini berjalan aman, tertib dan lancar. Mulai deklarasi, pendaftaran bakal pasangan calon, kampanye, pendistribusian logistik,  hingga pencoblosan dan penghitungan suara lembaganya sudah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tarakan guna mengetahui gambaran indikasi pelanggaran serta langkah pencegahannya. “Program kerja dan anggaran sudah kita ajukan, dan kita juga sudah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan dengan jumlah personel kurang lebih sekitar 1.120,” ujar Kapolres kepada Radar Tarakan, (21/5). Jumlah itu, pihaknya hanya melibatkan sekitar 200 personel BKO Polda Kalimantan Timur.

Pengamanan ini juga difokuskan terhadap bentuk kegiatan yang dilakukan oleh setiap pasangan calon seperti pelaksanaan rapat, kampanye, dan fasilitas perkantoran. Desman mengatakan pihaknya akan dibantu oleh sejumlah unsur pendukung melalui kerjasama yang dinamakan sistem pengamanan kota.

Stakeholder yang dimaksud yakni, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan SAR Nasional (BASARNAS) dan Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Badan Kesbangpolinmas) Tarakan. “Kalau dengan TNI, sebelumnya kami sudah beberapa kali melakukan rapat. Kerjasama itu sudah dibuatkan SOP (Standard Operating Procedure) bersamanya,” katanya.

Rencananya penandatanganan kerjasama itu akan dilakukan dalam pekan ini, dan akan dilaksanakan latihan gabungan minggu depan berupa simulasi. Di internal sendiri, Polres Tarakan secara rutin telah melaksanakan pengamanan pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada). “Dalam latihan gabungan nanti kami akan buat skenario latihan yang berkaitan dengan prediksi  antisipasi, termasuk pengamanan kampanye hingga pencoblosan mulai dari gladi bersih, dan gladi kering,” jelasnya.

Ending dari latihan gabungan itu dipastikan pada setiap tahapan Pilkada Tarakan itu, peran petugas sudah mengetahui akan terjadinya gesekan. “Intinya nanti akan diketahui siapa berbuat apa dan berkoordinasi terhadap siapa dan langkah-langkah kongkrit apa yang harus dilakukan,” tegasnya.

Tak hanya pengamanan fisik, personel polres saat ini tengah dibekali teori pengamanan Pemilukada, termasuk regulasi dan aturannya. Tak terkecuali langkah-langkah apa yang harus dilakukan aparat kepolisian terhadap segala bentuk pengamanan baik secara tertutup dan terbuka yang juga ikut langsung pada pengamanan objek bergerak dan tidak bergerak.

Terkait anggaran, Desman mengatakan pihaknya tetap membutuhkan Rp 3,2 miliar seperti yang sudah diusulkan. “Tapi yang di-acc Rp 1 miliar, tapi itu masih dalam perubahan-perubahan yang kita usulkan. Kita mengajukan anggaran ini berdasarkan volume kegiatan dan jumlah personel, jadi tidak ada rekayasa atau seperti membuat proposal,” ucap Desman.

Pihaknya juga menempatkan sebanyak 10 personel di KPU selama masa pendaftaran bakal calon berlangsung. “Tapi tetap ada yang mobile. Kepada yang akan mendaftar, kami mengimbau agar selalu menjaga lalu lintas supaya tidak terlalu panjang, kedua tidak menggunakan sajam (senjata tajam) atau benda yang berbahaya, dan lainnya,” imbau Kapolres. Menyinggung pemalsuan data dukungan pasangan calon independen, hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait pelanggaran pidana maupun pelanggaran administrasi yang ditemukan Panwaslu.(*)

Sumber Info : Radartarakan.co.id - Jumat, 24 Mei 2013




BERBAGI INFO :


BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS