TERBARU.......

Jumat, 24 Mei 2013

Tekan Pertambahan Penduduk, Tarakan Siapkan 1.000 Kondom Perempuan




#Tarakan - Badan Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (B3PA & KB) Kota Tarakan, Kalimantan Utara telah menyiapkan 1.000 kondom perempuan bagi pasangan suami istri. Hal itu adalah upaya untuk menekan laju pertambahan penduduk di kota Tarakan. 


Penyediaan kondom ini dilakukan sebagai salah satu solusi minimnya Pasangan Usia Subur (PUS) untuk mengikuti program keluarga berencana (KB). 
"Ini salah satu upaya untuk memperkenalkan kondom perempuan kepada pasangan suami istri. Karena selama ini pasangan yang masih ber KB cukup rendah," kata kepala B3PA & KB Mariyam di Tarakan, Senin (20/5).

Satu bulan pascadistribusi, kondom perempuan itu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Namun, jumlahnya belum terlalu signifikan jika dibandingkan dengan penggunaan pil dan jarum suntik yang mencapai 70% dari jumlah peserta sekitar 11 ribu pasangan.

Dia menjelaskan, penggunaan kondom wanita diyakini dapat menjaga berat badan atau kegemukan akibat pengaruh penggunaan alat kontrasepsi baik pil, suntik, maupun lainya, yang dapat meningkatkan hormon tertentu yang berpengaruh terhadap nafsu makan. Kondom wanita itu dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan. 

"Mereka beralasan untuk menjaga berat badan serta penampilan, karena jika menggunakan suntik ataupun pil KB badan akan gemuk. Sedangkan jika si prianya yang menggunakan kondom, merasa risih karena terlalu ketat," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini sejumlah tenaga medis, mulai bidan hingga dokter telah dilatih mengenai cara pemasangan kondom wanita. Sehingga diharapkan kondom ini semakin banyak digunakan. 

Selain itu, pihaknya juga memberikan pelayanan gratis bagi masyarakat yang hendak melakukan program KB, sedangkan untuk alat kontrasepsi berupa pil dan kondom bisa didapatkan di kader-kader KB yang berada di kelurahan. 

"Kalau kondom atau pil bisa didapatkan di setiap kader yang ada di kelurahan dengan menunjukan kartu KB. Hal itu dilakukan agar yang bersangkutan benar-benar peserta KB. Selain itu, terdapat beberapa macam alat kontrasepsi yang bersifat jangka panjang dan jangka pendek,untuk jangka panjang terdiri dari IUD, implan, vasektomi dan tubektomi. Sedangkan untuk jangka pendek, pil dan suntik," paparnya.


Sumber Info : Metrotvnews.com - Senin, 20 Mei 2013




BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS