TERBARU.......

Selasa, 13 Oktober 2015

KARENA KEMURAHAN, DIDUGA PENYEBAB PT. MKI ENGGAN PASOK GAS KE PLN TARAKAN



Sahabat #Tarakan , Harga gas yang dibeli oleh PT PLN Tarakan melalui sumur gas PT Manhattan Kalimantan Investment (MKI) merupakan harga yang paling mrah ketimbang gas milik PT Medco Tarakan dan PT Pertamina EP Bunyu yang masing-masing USD 5,4 million metric british thermal units (MMBTU), Sehingga sejumlah kalangan menilai ada dugaan PT MKI ingin menaikkan harga gas dari USD 4,3 MMBTU menjadi setara dengan harga jual gas Medco dan PT PEP Bunyu.



Namun, Direktur PT PLN Tarakan, Sandika Aflianto mengatakan harga gas dari sumur PT MKI cenderung lebih murah karena kontraknya di tanda tangani lebih dulu ketimbang Medco dan PT PEP Bunyu, sehingga acuan harga dasar itu mengikuti harga terdahulu saat harga gas lebih murah. Selain itu, gas dari MKI tidak membutuhkan infrastruktur yang lebih rumit ketimbang Medco dan PEP Bunyu. Karena, diambil langsung dari mulut tambang sumur gas.
Sementara, saat ini gas milik PT MKI yang berasal dari sumur gas Binalatung, Kampung Satu Tarakan tidak menghasilkan apapun. Sehingga ada inisiatif untuk memasok gas dari sumur milik PT Pertamina EP yang berada di Pulau Bunyu. Dan untuk mengambil gas tersebut, maka dibutuhkan infrastruktur pipa gas dengan harga jual gas Pertamina EP sebesar USD 5,4 MMBTU. Sehingga jika PT MKI membeli gas dari PEP maka ada margin kerugian sebesar USD 1,1 MMBTU.

"Saya rasa mereka tidak ada ingin menaikkan harga gas, karena tarifnya mengikat kecuali pemerintah pusat menentukan lain dan ini kan kontraknya 6 tahun dimulai dari gas mengalir di tahun 2015, namun mereka membangun ini yang lama," tutur Direktur PT PLN Tarakan, Sandika Aflianto kepada newstara.com

Sekedar diketahui, ini adalah daftar harga gas dan realiasinya dari 3 Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) yang mensuplai gas di Tarakan Kalimantan Utara:

1. PT Pertamina EP Bunyu
Lokasi : Sumur gas Pulau Bunyu
Kontrak : 4 MMSCFD
Realiasi : 5 MMSCFD
Harga : USD 5,4 MMBTU

2. PT Medco Tarakan
Lokasi : Sumur gas Pamusian, Binalatung dan Peningki Baru-Kampung Empat
Kontrak : 3 MMSCFD
Realiasi : 0,5 MMSCFD
Harga : USD 5,4 MMBTU

3. PT Manhattan Kalimantan Investment (MKI)
Lokasi : Sumur gas Binalatung, Kampung Satu Tarakan
Kontrak : 5 MMSCFD
Realisasi : 0 MMSCFD
Harga : USD 4,3 MMBTU

(Yoko Handani/Newstara.com)

SUMBER KUTIPAN ARTIKEL DAN GAMBAR :





BERBAGI INFO :

BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA
Bagaimana pendapat anda tentang manfaat BLOG PAGUNTAKA CITY IN MEDIA, Silahkan klik dibawah ini :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tentang artikel diatas silahkan komentar anda yang bersifat positif dan membangun demi KOTA TARAKAN TERCINTA

SEKARANG KOMENTAR ANDA KAMI TUNGGU :

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN

VIDEO SUATU HARI DI KOTA TARAKAN
LIHAT VIDEONYA, SILAHKAN KLIK GAMBAR DIATAS